11 Nov 2009

Aqiqah

Ditengah era globalisasi saat ini yang mana begitu gencarnya kebudayaan jahili mengikis habis menggusur nilai-nilai robbani dengan dalih kemajuan dan kemoderenan sehingga umat islam banyak tertipu dan terpedaya.
Hal ini dapat kita lihat dari kenyataan hidup sehari-hari begitu banyaknya kejahiliyahan di sekeliling kita baik dalam kehidupan rumah tangga,bermasyarakat.
Sunnah-sunnah rosulullah sudah banyak yang jarang di laksanakan oleh kaum muslimin atau kalaupun dilaksanakan tidak sedikit yang kurang/tidak sesuai dengan tuntunan rosulullah. Dalam hal ini salah satunya adalah sunnah aqiqah yang akan saya tulis.

KENAPA KITA HARUS MELAKSANAKAN AQIQAH?

Aqiqah adalah satu ajaran islam yang di contohkan Rosulullah yang mengandung hikmah dan manfaat positif yang bisa kita petik di dalamnya, oleh karena itu kita sebagai umat islam sudah selayaknya untuk melaksanakan setiap ajaran-ajaran tanpa terkecuali termasuk AQIQAH.

APA PENTINGNYA AQIQAH?

Apabila kita memiliki barang dan bisa mendatangkan manfaat serta bangga memilikinya namun barang tersebut dalam ke adaan tergadai, bagaimana sikap kita terhadap barang tersebut? Tentunya kita berusaha semaksimal mungkin untuk menebusnya. Begitu juga aqiqah, karena ia adalah upaya menebus anak kita yang masih tergadai. Rosulullah bersabda:
"setiap anak di gadaikan dengan aqiqahnya,ia di sembelih(binatang) pada hari ke 7 dari kelahirannya,di beri nama dan di cukur rambutnya".(HR.tirmizi,nasa'i dan ibnu Majah dari samirah).

Disamping itu aqiqah merupakan realisasi rasa syukur kita atas anugrah sekaligus amanah yang di berikan allah swt kepada kita dan mengingat sunnah ini mulai jarang dilaksanakan oleh kaum muslimin maka menghidupkannya sangat terpuji dan insya allah mendapat balasan sangat besar. sabda rosulullah:
"barang siapa menghidupkan sunnah ku disaat kerusakan pada umatku maka baginnya pahala bagi orang mati syahid". (ALHADIST).

Dan juga banyak manfaat yang lainnya misalnya untuk mempererat tali silaturrahmi serta ikatan sosial dengan para tetangga,kerabat,fakir miskin dll. Oleh karena itu marilah kita hidupkan sunnah ini.

BAGAIMANA CARANYA?

Supaya ibadah kita diterima ALLah SWT sebagai amal sholeh,maka ibadah kita harus sesuai dengan tuntunan Rosulullah dalam waktu dan cara pelaksanaannya, oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami kembali makna AQIQAH yang sebenarnya agar tidak salah dalam melaksanakannya

Baca juga makna dan hukum aqiqah

1 komentar:

Kepada pembaca yang budiman khususnya kepada para alim ulama,bilamana dalam artikel2 ini ada kekeliruan mohon petunjuk dan bimbingannya terima kasih.