27 Nov 2010

Nabi ibrahim dan anaknya membangun ka'bah

Ibrahim tinggal di tempat yang jauh dari putranya dan lama tak jumpa. Kemudian ia datang kepada putranya untuk suatu urusan yang besar. Yaitu Allah telah menyuruhnya membangun ka'bah di mekkah, agar dijadikan rumah pertama yang di bangun untuk beribadah kepada Allah SWT. ibrahim datang menemui putranya dan menceritakan maksud untuk membangun ka'bah. Sebagaimana diperintahkan Allah kepadanya. Ismail menjawab: "laksanakanlah apa yang diperintahkan tuhan kepadamu, dan aku akan membantumu dalam urusan besar ini". Maka mulailah keduanya membangun ka'bah hingga selesai, dan tempat ibrahim berdiri ketika itu dikenal dengan nama maqam ibrahim.
Kemudian Allah SWT memberi wasiat kepada ibrahim dan ismail untuk membersihkan rumah tersebut (ka'bah) dari kotoran dan syirik serta menyembahan berhala, supaya ia suci bagi orang orang yang bertawaf dan beriktikaf di dalamnya untuk beribadah, serta orang orang rukuk dan sujud kepada Allah.
Sebagaimana al-qur'an mengisyaratkan kepada do'a ibrahim Yang berdo'a kepada tuhannya agar menjadi negeri di mana rumah itu dibangun, sebagai negeri yang aman dan memberi rezeki kepada penghuninya yang beriman kepada Allah dan hari akhir berupa buah buahan di bumi dan kebaikan kebaikan yang lain.

Allah telah mengabulkan do'anya dan memberi tahukan kepadanya, bahwa Allah tidak kikir dalam memberi rezeki kepada orang orang kafir di dunia, akan tetapi pada hari kiamat ia akan menimpahkan siksa mereka kepadanya, dan itulah seburuk buruk tempat kembali.
Allah telah menjadikan mekkah negeri yang aman, barang siapa mengganggunya maka Allah akan membinasakan. Sebagaimana Allah telah mencurahkan rezeki atasnya, maka terdapat segala macam buah buahan di situ dari negeri lain. Akhirnya Allah telah mengisyaratkan pembangunan ka'bah oleh ibrahim dan ismail dan peninggian pondamen pondamennya, sedang berduanya berdo'a dengan khusyu kepada Allah supaya berkenan menerima kerajaan besar ini dari mereka.



1 komentar:

  1. ---Kemudian Allah SWT memberi wasiat kepada ibrahim dan ismail untuk membersihkan rumah tersebut (ka'bah) dari kotoran dan syirik serta menyembahan berhala,---

    ____________________________________
    berarti sebelumnya kabah adalah tempat menyembah berhala..

    BalasHapus

Kepada pembaca yang budiman khususnya kepada para alim ulama,bilamana dalam artikel2 ini ada kekeliruan mohon petunjuk dan bimbingannya terima kasih.