24 Agt 2011

Shalat idul fitri dan idul adha

Shalat idul fitri adalah: shalat 2 rakaat yang dikerjakan pada hari raya idul fitri, yaitu setiap tanggal 1 syawal. Sedangkan shalat idul adha adalah: shalat 2 rakaat yang dikerjakan pada hari raya idul adha, yaitu setiap tanggal 10 zulhijjah. Kedua shalat ini hukumnya sunat mu'akkad. Adapun waktu pelaksanaannya adalah mulai sejak matahari terbit sampai condong ke barat. Shalat idul adha hendaknya dimulai lebih awal, karena setelah selesai shalat, umat islam yang tergolong mampu disunatkan menyembelih hewan qurban. Tempat untuk melaksanakan shalat id ini boleh di mushalla, mesjid, tanah lapang atau tempat tempat yang lainnya. Pada shalat id tidak di sunatkan adzan ataupun iqamah. Untuk memulai shalat id ini, bilal cukup mengucapkan:

ASH-SHALAATA JAAMI'AH
"marilah kita kerjakan shalat berjamaah"

pada shalat id ini segenap umat islam, laki laki dan perempuan, besar dan kecil, tua dan muda, merdeka dan budak, banci, musafir di anjurkan untuk berkumpul di tempat shalat guna melaksanakan shalat id. Bahkan wanita yang sedang haid pun dianjurkan untuk ikut berkumpul (tetapi diluar mesjid atau mushalla) guna mendengarkan nasihat nasihat (khutbah), bukan untuk ikut shalat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepada pembaca yang budiman khususnya kepada para alim ulama,bilamana dalam artikel2 ini ada kekeliruan mohon petunjuk dan bimbingannya terima kasih.