2 Mar 2010

Takdir ghair mubram atau mu'alaq

Takdir ghair mubram atau takdir mu'alaq yaitu: ketentuan Allah swt. Terhadap makhluk-makhluknya yang masih bisa diubah dan diusahakan dengan sungguh-sungguh seperti contoh-contoh:

1. IKHTIAR

ikhtiar yaitu berusaha dengan sungguh-sungguh, karena Allah swt telah memberikan akal dan fikiran, untuk menimbang, memilih mana yang baik mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Kita diberikan kemiskinan dan kesusahan, maka kita wajib ikhtiar dan berusaha, bukan hanya berpangku tangan. Hasil dari usaha ini niscaya akan Allah berikan kepada kita.
Sebagai mana firman Allah:

"Dan katakanlah hai (muhamad) "bekerjalah kamu semua. Maka Allah dan rasulnya serta orang-orang mukmin akan melihat hasil pekerjaanmu". (QS At taubah ayat 105).

Segala yang dibutuhkan oleh kita selaku umat manusia, tidak akan datang sendiri, tetapi harus diusahakan dengan sungguh-sungguh. Miskin bisa kaya apabila mau bekerja, bodoh bisa pandai manakala mau belajar, sakit bisa sembuh manakala mau berobat. Karena Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika kita tidak mau merubahnya sendiri.
Allah berfirman:

"sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib satu kaum, sehingga mereka itu merubah nasibnya sendiri." (QS. at Ra'd ayat 11)

2. TAWAKAL yaitu menyerahkan sesuatu urusan kepada Allah swt, setelah kita berusaha dengan sungguh-sungguh sebagai mana mestinya.
Apabila kita telah berikhtiar tetapi hasilnya tetap tidak diperoleh, kita tidak boleh frustasi atau putus asa, tetapi harus tetap bertawakal. Karena Allah sangat mencintai kepada orang-orang bertawakal.
Firman Allah swt:

kemudian apabila kamu sudah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah." (QS. ali imran ayat 159)

9 komentar:

  1. Terima kasih atas kunjungan ke blog saya. Maaf baru dikunjungi. Semoga ke depan kita bisa kontak-kontak.

    BalasHapus
  2. Salam knal. :)
    jangan lupa mampir di http://911-4xtrick.blogspot.com

    BalasHapus
  3. assalamu alaikum,terimakasih blognya sdh membantu..^^

    BalasHapus
  4. sukron2...
    mbantu banget bwat ngejjain pr nich...

    BalasHapus
  5. ass..kang salam kenal,,mu tanya,,ap ya pengertian takdir mursal dan takdir mujmal itu

    BalasHapus
  6. ANA COPY USTADZ
    SYUKRAN

    BalasHapus
  7. gan jangan lupa dengerin lagu dari ane ya....

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Allhamdulillah...sebagai tambahan Ilmu utk perbendaharaan saya,thanks

    BalasHapus

Kepada pembaca yang budiman khususnya kepada para alim ulama,bilamana dalam artikel2 ini ada kekeliruan mohon petunjuk dan bimbingannya terima kasih.